Kamis, 07 Maret 2013

Ngurus Visa Jepang itu mudah! (I don't think so)

Hi guys!

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya mengenai rencana ke Jepang dan mengurus visa lewat travel, kali ini saya mau ceritakan betapa tidak sulitnya mengurus visa melalui travel.

Saya nggak tau ya, apakah memang sesulit ini atau memang ini normal. Karena ini pertama kalinya saya mengurus visa. Terakhir ke luar negeri SMP, itu juga diurusin sama bokap. hehe.

So, saya dikirimkan persyaratan pembuatan Visa ke Jepan seperti ini:
  • Paspor minimal masa berlaku 6 bulan saat keberangkatan + lampirkan paspor lama
  • Foto 4 x 6 2 lembar berwarna & terbaru
  • Surat Sponsor dari perusahaan tempat bekerja
  • Fotocopy KTP, Kartu Keluarga
  • Print Out Tiket
  • Bukti Keuangan pribadi 3 bulan terakhir
  • Mengisi jadwal perjalanan
Okay, saya lengkapi satu persatu persyaratan tersebut di atas. Untuk Mama, karena beliau ibu rumah tangga-rekeningnya pakai punya Bapak. Dengan PD saya kasih semua berkas ke travel itu.

Ternyata travelnya menolak karena rekening tabungannya tidak sampai 30 juta. Waduh! Gimana nih. Akhirnya saya melampirkan akta notaris punya bapak yang menyatakan bahwa ada investasi di suatu perusahaan, yang jumlahnya lebih dari 30 juta. Bentuknya deposito, belum jatuh tempo tapi bisa diambil sewaktu-waktu.

Masih ditolak juga sama travelnya. Karena saya kesal, saya telepon langsung ke Kedubes Jepang untuk detailnya. Dijelaskan bahwa tidak ada syarat mengenai minimal saldo yang tertera di tabungan, apabila bisa melampirkan tabungan 3 bulan terakhir akan diterima dan apabila ada syarat tambahan akan dihubungi. OK!

Saya kembali hubungi si travel ini. Saya jelaskan informasi yang saya dapet dari Kedubes Jepang. Kata Mbak travelnya: "Iya, Kedubes pasti bilang begitu. Kalau saldonya sedikit, biasanya mereka tolak. Saya agak ragu kalau ini diterima." Jadi, dari pihak travel itu belum mengajukan berkas saya ke Kedubes dan berasumsi bahwa ini akan ditolak.

Saya bilang sama Mbaknya tolong diproses dulu, kalau ada yang kurang lengkap BARU saya lengkapi. Ini belum diapa-apain udah ribet sendiri. Akhirnya Mbaknya bilang akan coba proses dulu. Daritadi juga gitu maksud saya, Mbaaaak!

Emosi deh! Ngurus visa kok jadi susah banget.

Saya kemudian browsing-browsing cerita mengenai mudahnya mengurus visa Jepang. Kok saya susah banget ya. Semoga cepet kelar deh ni visa dan untuk ke depannya ke negara yang gak pake visa aja. Kapok!

xoxo,
adel



.

5 komentar:

  1. Dari pengalaman pribadi yah del, ngurus visa sendiri malah jatohnya lebih murah dan lebih mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah..udah rugi 100ribu, ribet. sebetulnya kedubesnya di sebelah kantor persis. tapi karena gw kira akan lebih mudah kalo dibantu travel, jadilah gw pakai travel. ternyata malah jadi ribet bgt! huh..

      Hapus
  2. gampang bgt kok ngurus visa ke jepang... kayaknya krn travelnya aja yg rese tuh... :-)

    BalasHapus
  3. travel suka rese sis.. mereka ga mau ambil resiko cape2 ngurusin trus ditolak, padahal ada jg yang kalau ditolak dicharge 50 ribu, berangkat tanggal berapa ? kami rombongan tanggal 30 mei

    BalasHapus
  4. Hih, memang. Kalau lewat travel, semua jatuhnya lebih ribet. Pernah saya pingin cari gampangnya, daftar sekolah musim panas lewat travel khusus pendidikan. Yang ada rempong bolak-balik memenuhi syaratnya. Mana kantornya jauh di thamrin pula. Kirain pas urus visa ga perlu ikut, eeeh ternyata tetep aja kudu ikutan antri jam 6 pagi. Selesai antri dan wawancara, si org travel dengan sigap ngumpulin bukti bayar. Setelah visa selesai, kita pula yg harus ambil ke kantor travel, plus bayar jasa daftarin sekolah dan urus visa $250. Iih, ngeselin banget. Setelah itu kapok deh...cukup sekali di tipu agen/travel..hehehe

    BalasHapus